Kapal Italia Berlayar Terlalu Dekat Daratan

0
50

Roma-Kepolisian Italia saat ini sudah mulai melakukan penyelidikan penyebab kandasnya kapal pesiar mewah Costa Concordia yang kandas di perairan Italia.

Kapal pesiar Costa Concordia sedang melakukan pelayaran rutin ketika tertimpa musibah.

Untuk mengetahui penyebab kecelakaan, kepolisian sudah menahan kapten Costa Concordia, Francesco Schettino, 52, untuk dimintai keterangannya.

Kapten Schettino adalah seorang pelaut berpengalaman, untuk Costa Cruises – perusahaan operator Costa Concordia- dia sudah bekerja selama 11 tahun.

Jaksa penuntut kota Grosetto kepada wartawan mengatakan Kapten Schettino berlayar terlalu dekat dengan Pulau Giglio sehingga kandas.

Sementara itu, Presiden Costa Cruises, Gianni Onorato mengatakan tugas utama perusahaannya kini adalah membantu pencarian dan penyelamatan korban selamat.

Onorato mengatakan hingga kini masih sulit untuk menjelaskan situasi yang menyebabkan kapal itu kandas.

Namun dia menambahkan Costa Concordia mengalami putusnya aliran listrik setelah menabrak sesuatu yang diduga adalah karang yang sangat besar.

Onorato juga menegaskan penggunaan sekoci penyelamat secara normal hampir mustahil dilakukan karena kapal itu miring dengan sangat cepat.

Pasangan Korea Selamat

Dua orang penumpang kapal Costa Concordia yang kandas di perairan Italia ditemukan selamat, 30 jam setelah kecelakaan itu terjadi.

Kedua penumpang yang adalah suami istri berkebangsaan Korea Selatan itu ditemukan tim penyelamat di bagian kapal yang sulit dijangkau dan sudah setengah tenggelam.

Tim penyelamat sudah memindahkan keduanya ke lokasi yang aman dan keduanya dikabarkan dalam keadaan baik.

Sejauh ini tim penyelamat masih terus melakukan pencarian korban hilang yang hingga kini dilaporkan sebanyak 40 orang.

Laporan sementara menyebutkan, sedikitnya tiga orang meninggal dunia, meskipun laporan awal menyebutkan ada enam atau delapan orang yang tewas.

Salah-seorang yang tewas, menurut petugas keamanan yang dikutip media setempat, adalah seorang penumpang berusia 65 tahun.

Kemungkinan jumlah korban yang meninggal bisa bertambah terus.[bbc]

Sekilas Costa Concordia

Mulai beroperasi 2006
Dibangun oleh Fincantieri, Italia dengan ongkos US$570jt
Kapasitas penumpang 3.780 orang
1.500 kamar, lima restoran dan13 bar
Empat kolam renang
Dilengkapi spa, gym, sauna, ruang mandi Turki dan solarium seluas 6.000 meter persegi.
Sarana olahraga, bioskop, teater, kasino dan disko