Kapolda: Penembakan Rumah Timses Tidak Terkait Pilkada

0
177

Banda Aceh– Kapolda Aceh Irjen Pol Iskandar Hasan menegaskan, penembakan rumah tim sukses calon Gubernur Aceh di Kabupaten Aceh Timur, tidak terkait dengan pilkada di provinsi itu.

“Hasil penyelidikan di lapangan, penembakan ini tidak terkait dengan pilkada gubernur yang akan berlangsung 9 April 2012, tetapi menyangkut masalah pribadi,” katanya di Banda Aceh, Rabu (8/2).

Rumah Asnawi Abdul Rahman (37), koordinator tim sukses pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Irwandi Yusuf dan Muhyan Yunan, di Gampong (desa) Beusa Meurano, Peureulak, Aceh Timur, ditembaki orang tak dikenal.

Penembakan yang terjadi Minggu (5/2) sekitar pukul 20.30 WIB tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Saat penembakan terjadi, penghuni rumah tidak di tempat.

Menurut Kapolda, penembakan tersebut terkait masalah utang piutang antara yang bersangkutan dengan orang lain. Padahal, utang tersebut sudah berulang kali ditagih.

“Ini masalah uang. Pelaku sudah beberapa kali menagihnya, tetapi tidak dibayar yang bersangkutan, sehingga membuatnya kesal. Maka terjadilah penembakan di rumah itu,” ujar Kapolda.

Mengenai pelaku, Kapolda mengatakan pihaknya sudah mengidentifikasi dan dalam pengejaran aparat kepolisian di Aceh Timur.

Namun, Kapolda tidak menyebutkan identitas pelaku penembakan tersebut serta jumlah utang yang bersangkutan.

Berdasarkan hasil penyelidikan, kata dia, diduga motif penembakan bukan untuk mematikan, tetapi untuk memperingatkan yang bersangkutan agar masalah utang piutang itu diselesaikan.

“Jadi, untuk itu saya meminta kasus penembakan rumah tim sukses calon gubernur ini tidak dikaitkan dengan pilkada. Sekali lagi, saya jamin masalah ini tidak terkait dengan pilkada,” tegas Iskandar Hasan.[Ant]