Kim Jong Un, Jenderal Termuda Penerus Tahta

0
327
Kim Jong Un

Pyongyang – Kim Jong Un merupakan anak kesayangan Kim Jong Ill karena memiliki penampilan dan ambisi yang mirip dengan sang diktator.

Walaupun tidak memiliki pengalaman berpolitik dan tidak terdengar pernah berdinas militer. Kim Jong Un terbilang sebagai jenderal bintang empat termuda di dunia.

Kalau bukan putra diktator yang sangat berkuasa, tidak mungkin pula dia menyandang gelar itu. Jong Un merupakan putra paling bungsu mendiang pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Il, yang baru saja dikabarkan meninggal dunia, Sabtu kemarin.

Promosi Jong Un sebagai jenderal bintang empat dilakukan pada bulan September 2010 yang lalu. Jong Un juga mendapat posisi sebagai anggota Komite Pusat dan Wakil Ketua Komisi Militer Partai Pekerja – yang merupakan partai politik satu-satunya di negara komunis itu.

Sebagai Wakil Ketua Komisi Militer, Jong Un turut bertanggungjawab menyusun kebijakan militer, yang beranggotakan 1,2 juta personil. Uniknya, Jong Un tidak diketahui punya karir politik maupun militer.

Berbagai media massa internasional hanya baru mengetahui Jong Un pernah bersekolah di Swiss. Menurut majalah mingguan Swiss, L’Hebdo, Jong Un terdaftar sebagai murid Sekolah Internasional di Berne hingga 1998, dengan nama samaran Pak Chol. Di sana, dia belajar bahasa Inggris, Jerman, dan Perancis.

“Seorang teman kelasnya menyebut dia pemalu dan introvert. Namun dia gemar bermain ski dan bola basket serta fans berat bintang NBA, Michael Jordan,” tulis laporan L’Hebdo seperti yang dikutip harian The Guardian.

Tampaknya, penunjukkan Jong Un sebagai jenderal dan anggota inti pada Partai Pekerja merupakan skenario ayahnya. Jong Un disiapkan untuk mewarisi kekuasaan Jong Il bila dia wafat.

Peristiwa yang sama juga pernah terjadi saat Jong Il menggantikan ayahnya, Kim Il Sung, yang wafat pada 1994. Il Sung merupakan Bapak Pendiri Korut sehingga sudah dianggap dewa oleh rakyatnya.

Sampai muncul kabar pengangkatannya sebagai jenderal, Jong Un belum pernah muncul ke hadapan publik, apalagi berbicara. Kalangan media massa pun sejauh ini hanya bisa mendapatkan foto-foto Jong Un semasa kecil dan remaja. [Beritasatu.com]

Baca Penguasa Korut Meninggal