Luis Suarez kembali dijatuhi sanksi

0
133

London-Asosiasi sepak bola Inggris (FA) kembali menjatuhkan saksi terhadap penyerang Liverpool Luis Suarez.

Kali ini Suarez dilarang bermain satu kali dan denda £20.000 atau sekitar Rp283,7 juta karena melakukan tindakan yang tidak pantas ketika melawan Fulham 5 Desember lalu.

Luis Suarez didakwa melakukan tindakan yang tidak pantas.

Liverpool juga dikenai denda £20.000 karena dianggap gagal mengontrol pemain.

Dalam pertandingan yang berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Fulham, Suarez mengacungkan jari tengah saat meninggalkan lapangan.

Pemain tengah Liverpool Jay Spearing diusir dari lapangan dan keputusan ini membuat beberapa pemain Liverpool mendatangi dan mengelilingi wasit Keith Friend.

Liverpool menerima dakwaan gagal mengontrol pemain namun menyatakan sanksi denda tidak sepatutnya dijatuhkan kepada mereka.

Namun komisi independen menyatakan Liverpool layak mendapatkan sanksi berupa denda.

Sanksi ini membuat Suarez harus absen ketika Liverpool menjamu Newcastle United dalam lanjutan Liga Primer hari Jumat (30/12).

Banding

Sebelumnya Suarez, pemain berusia 24 tahun dari Uruguay, dikenai hukuman larangan bertanding selama delapan kali setelah dinyatakan terbukti bersalah mengeluarkan kata-kata rasis kepada pemain belakang Manchester United, Patrice Evra.

Tim pengacara Suarez mengatakan mereka berencana mengajukan banding atas keputusan larangan bertanding delapan kali.

Kepastian banding masih menunggu laporan satu komisi independen.

Beberapa laporan media di Inggris menyebutkan salah satu argumen yang akan diajukan adalah Suarez tidak menyadari bahwa kata-kata yang ia keluarkan, yang bisa diterima di Uruguay, ternyata bisa dikategorikan rasis di Inggris.[bbc]