Mantan Presiden Maladewa Demonstrasi

0
61

Mantan Presiden Maladewa Mohamed Nasheed mengatakan bahwa dia dipaksa untuk mundur “dengan todongan senjata” pejabat polisi dan militer dalam sebuah kudeta.

Dia mengatakan tindakan itu direncanakan dengan sepengetahuan wakil presiden Mohammed Waheed Hassan Manik, yang menggantikan dia.

Hassan membantah klaim tersebut.

Nasheed berhenti pada Selasa lalu, menyusul kerusuhan yang terjadi di wilayah di tersebut.

Dia mengumumkan pengunduran diri setelah polisi bergabung dengan pemimpin oposisi memimpin protes atas penangkapan hakim tinggi.

Nasheed melakukan demonstrasi bersama dengan ribuan pendukungnya.

Puluhan demonstrasi – termasuk Nasheed – terluka akibat tembakan gas air mata dan menggunakan pentungan kepada reporter di Lapangan Republik.

Ribuan orang pendukung Partai Demokratik Maladewa, yang dipimpin oleh Nasheed, berjalan kaki di jalanan ibukota pada Rabu (8/2) sebagai protes atas pemecatannya.

Puluhan Terluka

Pejabat sementara komisioner polisi Abdulla Fairooz mengatakan ‘sekitar 40’ orang telah ditahan, termasuk mantan Ketua MDP Mariya Ahmed Didi.

Wartawan BBC di Male, Andrew North, mengatakan tentara anti kerusuhan dan polisi dengan pentungan membubarkan demonstran dengan dengan gas air mata.

Lapangan utama sekarang ditutup oleh tentara dan polisi.

Mereka yang ditahan termasuk salah mantan pejabat senior kepresidenan, seperti dilaporkan koresponden BBC.

Laporan lain menyebutkan pendukung MDP melemparkan bom molotov kepada polisi dan meminta Nasheed kembali ke jabatannya.

Ketua sayap pemuda bagi mantanpartai berkuasa MDP, Shauna Aminath, mengatakan dia berada di tengah kerumunan pemrotes di Lapangan Republik ketika polisi menyerang mereka.

“Polisi disini seperti hewan. Ini dilakukan dengan damai… dan polisi mendatangi kami. Dan banyak orang terluka,” kata dia kepada BBC.

Direktur rumah sakit ADK di Male Mohamed Afaal, mengatakan kepada BBC bahwa 14 people menjalani perawatan karena terluka dan tidak ada korban kritis.

Juru bicara militer Ibrahim Azim menyebukan Nasheed telah “mendapat luka ringan akibat kerumuman yang besar dan telah dibawa ke RS”. Keluarganya mengatakan dia selamat berada di rumah.

Sementara itu, penduduk dan pejabat polisi mengatakan demonstrasi MDP mengepung kantor polisi di pulau-pulau kecil diluar ibukota.[bbc]