Melahirkan, Baiknya Ibu Pilih Cara Normal Saja

0
72

JIKA memungkinkan dan dokter memerbolehkan Anda melahirkan dengan proses persalinan normal, maka pilihlah jalan itu. Tidak hanya proses penyembuhan pascamelahirkannya lebih cepat, tapi juga bayi Anda dapat manfaat yang sangat penting bagi kesehatannya kelak.

Kesehatan
Ibu melahirkan

Pasalnya, bayi yang lahir melalui proses persalinan normal akan mendapatkan eksposur probiotik lebih banyak daripada bayi yang dilahirkan caesar.

“Jalan lahir banyak sekali mikrobiota dari Miss V ibu. Nah, kalau tidak melalui jalur tersebut, maka eksposur ke bayinya tidak ada. Jadi bayi tidak mengalami kontak dengan probiotik-probiotik di jalan lahir persalinan normal. Itu salah satunya dia tidak ada eksposur dini, sehingga pembentukan flora baik dalam tubuhnya itu tidak terjadi dengan cepat. Sehingga anak-anak yang lahir melalui proses caesar pembentukan probiotiknya lambat, padahal kita tahu probiotik itu berperan pada imunitas, berperan pada berbagai macam penyakit seperti alergi, sampai ke diabetes segala,” ulas Ines Yumahana Gulardi, Head of Medical Nutrition Services PT Nestle Indonesia ditemui okezone di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Selasa (13/3).

Oleh karenanya, Prof dr Med Ali Badiaz SPOG berpesan kepada seluruh masyarakat, khususnya kepada ibu hamil untuk berpihak pada proses kelahiran normal.

“Sekarang banyak yang meminta caesar, biar cepat prosesnya. Kalau caesar lima menit juga anaknya sudah bisa diangkat langsung. Tapi itu tadi, bayi jadi tidak dapat paparan probiotik dari jalur lahir normal. Dari mulai usus ke Miss V ibu itu banyak probiotiknya yang bagus buat imunitas bayi, jadi enggak gampang sakit nantinya,” tegasnya.

Probiotik sendiri merupakan kuman yang ada di dalam tubuh manusia. Namun jumlah probiotik dalam tubuh banyak berkurang, salah satunya karena asupan-asupan yang tidak sehat, juga bisa disebabkan konsumsi obat antibiotik yang terlalu sering.

Probiotik dibutuhkan untuk menunjang tingkat kesehatan ibu dan bayi, jumlah probiotik dalam tubuh bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung prebiotik (tempat hidup dan berkembangbiaknya probiotik), seperti gandum, bawang merah, bawang putih, pisang, brokoli, dan minuman yang mengandung probiotik. Selain itu juga dari susu ibu hamil dan menyusui yang mengandung probiotik.[okz]