Ulama Kharismatik Meninggal Saat Khutbah

0
498

Idi – Tgk H Muhammad Yahya Hanafi atau yang sering disapa Abon Putoh, pimpinan Pesantren Yayasan Darussa’dah Desa Putoh Sa, Kecamatan Pantee Bidari, Aceh Timur, salah seorang ulama kharismatik Aceh Timur, dilaporkan meninggal dunia setelah terjatuh saat sedang membaca khutbah Jumat di Masjid Babuttaqwa, Desa Matang Pudeng, kecamatan setempat, Jumat (9/12) sekitar pukul 13.30 WIB.

Sebelum berpulang ke rahmatullah, Abon Putoh terlihat sehat-wal-afiat. Bahkan, dalam khutbahnya ulama ini sempat membahas berbagai persoalan kehidupan beragama, termasuk soal muamalah dan warisan dengan  penuh semangat.

Dalam khutbahnya, Beliau juga sempat menyinggung soal kematian adalah rahasia Allah, tiada seorang pun tahu kapan ajalnya akan tiba. Nazaruddin Husein, Keuchik Desa Matang Pudeng kepada wartawan mengatakan, persisnya saat hendak duduk antara dua khutbah, tiba-tiba Abon terjatuh dalam mimbar dan langsung tak sadarkan diri. Melihat hal itu, kata dia, seluruh jamaah langsung mengangkat Abon Putoh dan saat itu juga langsung diperiksa oleh dokter Puskesmas Matang Pudeng yang kebetulan secara bersamaan melaksanakan shalat Jumat di masjid tersebut.

“Saat itu Dokter  menganjurkan Abon segera dibawa ke Puskesmas untuk penangganan medis. Namun dalam perjalanan itu, Abon dipastikan sudah meninggal dunia,” ungkap  Nazaruddin.

Abon Putoh yang hari-harinya sebagai pimpinan Dayah Darusa’dah Desa Putoh Sa Kecamatan Pante Bidari Aceh Timur,  sepulangnya menghadap sang Khalik, beliau meninggalkan seorang istri dan enam orang anak. Jenazah almarhum sore tadi dimakamkan di komplek dayah yang ia pimpin.[]