Cuaca Buruk, Nelayan Diminta Utamakan Keselamatan

0
29
AKBP Ridwan Usman

Idi—Cuaca di perairan Selat Malaka khususnya di laut Aceh masih belum menentu. Para  nelayan diminta untuk mengutamakan keselamatannya. Kapal nelayan yang berangkat melaut diharapkan melengkapi dengan fasilitas pendukung keselamatan seperti baju pelampung.

Hal itu disampaikan Kapolres Aceh Timur, AKBP Drs Ridwan Usman,  melalui Kasat Pol Air, AKP Bukhari, Jumat (25/11)  di Idi. Menurut dia, kondisi cuaca belakangan tidak menentu. Begitu juga dengan arah mata angin. Nelayan yang tidak mampu bertahan kini banyak yang sudah mendarat kembali. Mereka memilih memperbaiki alat tangkap sambil menunggu membaiknya cuaca.Meski perintah larangan melaut tidak dikeluarkan oleh instansi terkait, kata dia,  namun pihaknya berharap agar nelayan tetap ekstra hati-hati dalam melakukan kegiatan di laut lepas . Sebab, ungkapnya, belum lama ini salah satu ABK KM Raja Diraja tenggelam akibat lalai dan lengah saat hendak melakukan penangkapan ikan.

Pantauan The Aceh Corner, puluhan kapal motor (KM) ataupun boat milik nelayan Kuala Idi terlihat bersandar di dermaga pelabuhan. Nelayan beralasan takut melaut dalam dua hari terakhir karena cuaca buruk yang melanda perairan Selat Malaka. Bahkan, angin kencang dan ombak setinggi 3 meter lebih kian mengancam sejak sepekan terakhir.[]