Kerangka Timnas-U 21 Mulai Terbentuk

413

Jakarta– Kerangka Timnas U-21 yang dipersiapkan turun pada kejuaraan Piala Hassanal Bolkiah di Brunei Darussalam, 25 Februari-5 Maret, sudah terbentuk meski masih menyisakan satu hari untuk melakukan seleksi.

Pelatih Timnas U-21 Widodo Cahyono Putro

Pelatih Timnas U-21 Widodo Cahyono Putro di Jakarta, Senin (9/1), mengatakan, secara persentase dari tiga kali seleksi yang dilakukan di lapangan PSSI Senayan Jakarta, kerangka Timnas U-21 telah terbentuk 75 persen.

“Masih ada beberapa pemain lagi yang akan mengikuti seleksi. Karena itu kami meminta waktu satu hari lagi kepada PSSI untuk seleksi,” katanya usai memimpin seleksi Timnas U-21.

Menurut dia, pada seleksi terakhir Selasa (10/1), ada dua pemain baru yang akan menunjukkan kemampuannya yaitu dari klub Bali Devata FC. Hingga hari ketiga jajaran pelatih telah menyeleksi 52 pemain.

Kejuaraan Piala Hassanal Bolkiah akan diikuti 11 negara di Asia Tenggara. Pendaftaran pemain yang harus dipenuhi oleh seluruh negara peserta paling lambat Selasa (10/1).

“Untuk materi seleksi tetap sama dengan sebelumnya. Kami memantau kemampuan dasar dan skill individu pemain. Selain itu kami pantau melalui games,” katanya.

Ia menjelaskan, sebelum mengumumkan siapa pemain yang akan memperkuat Timnas U-21 pada kejuaraan Piala Hassanal Bolkiah, pihaknya akan memberikan kesempatan kepada pemain untuk menunjukkan kemampuan terbaik pada latihan terakhir.

Setelah mendapatkan 25 pemain yang diinginkan, kata dia, selanjutnya mereka akan menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) yang akan dimulai pada 16 Januari.

“Untuk lokasi TC belum ditentukan. Saat ini baru fokus menyeleksi pemain. Yang jelas kami berusaha mencari pemain terbaik,” kata mantan asisten pelatih timnas senior dan U-23 itu.

Widodo mengakui, pemain Timnas U-21 yang saat ini masih diseleksi mempunyai kemampuan lebih, setelah kejuaraan berakhir pemain itu akan berpeluang masuk timnas yang diproyeksikan untuk SEA Games 2013 di Myanmar.[Antara]