Kopi Dingin atau Kopi Panas?

0
65

Saat cuaca panas sedang melanda, sebagian dari kita tentu lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman dingin karena akan terasa lebih menyegarkan, untuk menutupi kekurangan cairan yang dialami oleh tubuh. Tidak jarang juga, sebagian orang lebih memilih untuk meminum kopi dingin saat sedang haus.

Seperti dilansir dari laman Klikkabar.com, ternyata meminum kopi dingin memiliki perbedaan dan manfaatnya juga berbeda dengan kopi panas. Loh kok bisa?

Kopi dikenal sebagai minuman yang diyakini memiliki banyak manfaat serta baik untuk mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 dan bahkan dipercaya bisa memperpanjang usia. Kopi juga dianggap mampu mengurangi risiko depresi dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, satu hal yang perlu diwaspadai adalah kandungan kafein yang terdapat didalam kopi. Kadar kafein memiliki batas aman untuk dikonsumsi oleh tubuh. Artinya, kopi tidak bisa dikonsumsi secara berlebihan alias harus dibatasi. Kadar polifenol, antioksidan dan mineral yang tinggi yang terkandung didalam kopi adalah rahasia terbesar di balik manfaat kopi.

Tapi, bagaimana jika kita menambahkan es kedalam kopi? Ternyata, dengan mencampurkan es kedalam kopi sama sekali tidak mengubah manfaatnya. Nutrisi pada kopi tidak akan berkurang, berapapun suhu penyajiannya. Namun, kopi yang dicampur es alias kopi dingin ternyata sedikit lebih bermanfaat dibanding kopi panas. Kopi dingin memiliki tingkat keasaman 67 persen lebih rendah dibandingkan kopi panas.

Dengan fakta ini, kopi yang disajikan dalam keadaan dingin merupakan pilihan yang bijaksana bagi anda yang memiliki masalah dengan lambung. Kopi dingin juga menjadi pilihan yang baik terhadap anda yang memiliki lidah yang sensistif terhadap panas. Tapi, kopi dingin juga memiliki kekurangan jika dibandingkan kopi yang disajikan dalam keadaan panas. Kopi dingin memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi panas.

Sebenarnya baik itu kopi dingin maupun kopi panas sama sekali tidak masalah, asalkan kandungan kafein yang masuk kedalam tubuh bisa dikontrol. Sedangkan batas aman konsumsi kopi dalam sehari, adalah 2 gelas. Para peneliti mengatakan bahwa kandungan kafein yang terkandung dalam segelas kopi adalah sebesar 200 mg dan tubuh dalam sehari hanya aman mengkonsumsi 400 mg atau setara dengan 2 gelas kopi.

Minuman hitam manis ini juga tidak bisa dinikmati begitu saja, dalam artian kopi juga berbahaya bagi kesehatan. Kandungan kafein tinggi yang terkandung didalam kopi jika dikonsumsi secara berlebihan akan berakibat buruk bagi kesehatan. Kopi juga bisa menjadi pemicu penyakit bahkan bisa menyebabkan kematian.

Source Image: 1, 2, 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here