Wayne Rooney Menang dalam Perkara Melawan Proactive

0
303
Wayne Rooney dan Coleen Rooney | BBC

London – Pengadilan banding di London memenangkan Wayne Rooney dalam sengketa dengan perusahaan manajemen olahraga, Proactive, yang menuntut komisi sebesar £4,3 juta (sekitar Rp60 miliar).

Proactive -yang jasanya pernah digunakan Rooney dan istrinya Coleen- meminta komisi dari penggunaan gambar Rooney untuk kepentingan komersial, namun hakim memutuskan kesepakatan itu tidak bisa diterapkan.

“Saya amat gembira. Saya kaget dengan tuntutan yang diajukan Proactive,” kata Rooney, seperti dikutip kantor berita AFP.

Kesepakatan tersebut ditandatangani ketika Rooney masih berusia 17 tahun dan hal itu menjadi salah satu pertimbangan hakim dalam keputusannya.

“Hal yang amat penting adalah Wayne Rooney masih berusia 17 tahun ketika kesepakatan ditandatangani dan dia relatif baru dalam dunia sepak bola profesional,” kata Lady Justice Arden.

Hakim juga berpendapat periode kontrak yang diterapkan Proactive lebih panjang dari yang biasa karena melihat potensi bintang dari Rooney.

Tetap membayar

Rooney menggunakan jasa agen Paul Stredford dari Proactive pada tahun 2002 ketika masih bergabung dengan Everton.

Ketika Stredford mendirikan perusahaan sendiri pada 2008, Rooney ikut memutuskan pindah dan menggunakan jasanya.

“Coleen dan saya selalu bersedia membayar komisi kepada orang yang memang memilikinya. Namun tuntutan Proactive setelah kami tidak bersama mereka lagi adalah lelucon,” tutur Rooney.

Rooney sempat diperintahkan pengadilan Manchester untuk membayar £5.000 kepada Proactive sementara istrinya harus membayar sebesar £90.000.

Namun Proactive memutuskan untuk banding, yang kemudian berpihak kepada Rooney.

Pengacara Rooney, Paul Hughesm, mengatakan pengadilan banding memutuskan komisi yang harus dibayar Rooney tidak lebih dari £5.000 sedang istrinya membayar lebih besar dari £90.000 walau jumlah persisnya masih akan diputuskan belakangan. [BBC]